Tiket kereta ekonomi sekarang sudah
tidak lagi dijual seperti tiket lotere -selalu ada selama masih ada yang mau
beli-. Pihak PJKA memperlakukan kebijakan baru untuk penertiban, jumlah tiket
kereta yang dijual tidak boleh melebihi daya tampung normal si kereta. Kereta
ekonomi tidak boleh lagi over capacity. Demi transportasi public yang
lebih nyaman dan aman, -tentu saja merupakan hal baik.
Walhasil sekarang kereta ekonomi
menjadi lebih manusiawi.Tidak ada lagi tumpukan manusia, atau barang, dilorong
kereta, di samping luar lokomotif, mepet di pintu,diatap (?) atau di wc. Manusia
pada tempatnya, barang pada tempatnya, dan wc pun kembali pada kegunaan aslinya.
Selain itu, pengantar hanya boleh mengantar mengantar sampai pintu peron. Jadi
peron kereta api tidak lagi mirip pasar lelang ikan.
Tapi, peraturan baru tidak
disertai dengan penambahan unit kereta atau gerbong baru. Kapasitas baru yang
lebih terbatas dengan jumlah penggunanya yang masih sama artinya, tiket kereta
tidak lagi mudah di dapat. Orang-orang rebutan dulu-duluan membeli tiket (p.s :
tiket kereta sudah dapat dibeli H-30 keberangkatan). Motonya siapa cepat dia
cepat.Jangan berharap masih bisa mendapatkan kereta ekonomi jika anda
memesannya kurang dari satu semingu jadwal keberangkatan anda.
Bagi orang-orang (saya), yang
doyannya berkeluyuran dari satu kota ke kota lain tapi kemampuan dompet
terbatas, keadaan baru ini artinya musibah. Tidak ada lagi jalan-jalan impulsif
mendadak tanpa rencana keluar kota. Tidak ada ruang untuk moto “The plan is no
plan”. Well, oke, ini penyesalan yang sangat egois, hanya memikirkan kebutuhan
pribadi saya. Jadi abaikan saya.
Tapi, ada beberapa golongan yang
benar-benar membutuhkan kereta ekonomi ini, -dan bukan sekedar untuk memenuhi hasrat
jalan-jalan murah meriah-, ada beberapa golongan yang lebih merasakan dampak
kebijakan baru ini.Sebutlah golongan pekerja perantau dengan penghasilan yang
tak terlalu berlebihan, atau pelajar dengan uang saku pas-pasan, yang ingin
pulang kekampung halaman untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Sedihnya lagi, menurut
rumor-rumor yang ada, jatah tiket yang tersedia ternyata banyak diborong oleh
calo.Yucks.
Untuk masalah calo-percaloan ini,
pihak PJKA sepertinya sudah memikirkan solusi. Menurut rumor-rumor yang beredar
(lagi), kedepannya regulasi penjualan tiket kereta mirip seperti tiket pesawat,
jadi si pemegang tiket harus bisa menunjukkan kartu identitas dengan nama yang
sama dengan yang tertera pada tiketnya. Tapi sampai saya menulis ini, si
peraturan baru sekedar rumor. Nah jika peraturan ini jadi diperlakukan, semoga
praktek calo-percaloan ini dapat ditekan. (Masih bisa diakalin sih sebenarnya, people always find a way to break a rule,
really.Tapi seenggaknya dapat diminimalkan).
Peraturan lain yang rencananya akan
segera diterapkan adalah tidak ada lagi boleh penjual yang naik dan berkeliaran
digerbong kereta api. Untuk peraturan yang ini saya tidak terlalu bahagia.
Walaupun bagus untuk penertiban, tapi tidak menguntungkan bagi para penjual itu
, kereta ekonomi itu adalah tempat mencari nafkah. Kalo ibarat daerah, mereka
penduduknya, yang sehari-harinya hidup dikereta. Bertahun-tahun memenuhi
kebutuhan hidup mereka dari penghasilan yang mereka dapat dari hasil jual beli
diatas kereta.
Sedikit opini serius dari saya,
setiap regulasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan.Harapan saya standar
saja.Birokat terkait mempertimbangkan dengan bijaksana aturan-aturan baru yang
akan mereka keluarkan, mengantisipasi dampak yang tidak diinginkan, memikirkan
kemaslahatan semua golongan konsumen, dan menyediakan solusi. Klise sekali ya
harapan saya.Semoga dimaklumi, status saya masih warga negara kelas tiga yang masih
mengantungkan hidup dengan orang tua ,yang hanya bisa beropini, belum bisa
berkontribusi nyata untuk Negara. B)
Out of the topic, bagi saya
sendiri, dan beberapa orang yang saya kenal dengan pendapat yang sama, kereta
ekonomi lebih dari sekedar alternatif transportasi murah meriah. Kereta ekonomi
memiliki balada tersendiri, laboratorium kehidupan, sebuah cuplikan kehidupan nyata
sehari-sehari sebagian golongan penduduk bangsa ini yang belum cukup beruntung
untuk bisa memilih alternatif transportasi yang lebih baik. Menarik,
pada satu sudut pandang. Ironis, pada sisi yang berlawanan. Saya sebenarnya
ingin menyajikan sepenggal cerita dari laboratorium kehidupan ini. Tapi tidak
sekarang, I must already make you bore with my long long long crap words . :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar