Minggu, 16 September 2007

Kontekkontek....sahursahur...

Didepan sebuah mesjid didaerah saya direncanakan pemasangan polisi tidur. Ide ini muncul setelah beberapa kecelakaan yang terjadi, terutama pada jam setelah ibadah solat magrib. Kecelakaan ini terjadi karena kecenderungan orang mengendarai kendaraan dengan laju tinggi pada saat jalanan sepi dan juga suasana yang gelap dimalam hari.Ide ini menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat sekitar. Sebagai seorang engineer, saya harus memutuskan apakah pemasangan polisi tidur ini perlu dilakukan apa tidak.(Belagak, padahal saya bahkan belum nyampe satu semester kuliahnya…)

Saya akan mengambil keputusan setelah menelusuri beberapa faktor :

  1. Ethical egoism…
Sebagai seorang pengendara, saya kurang setuju dengan pemasangan polisi tidur tersebut. Kenapa? Nyebelin!!! Buat saya polisi tidur itu mengurangi usia kendaraan, merusak.Menganggu kenyamanan berkendara, iyakan ? belum lagi sering kejadian macet gara-gara polisi tidur. Pernah ada seorang teman yang mengeluh sering telat karena dia tinggal didaerah “ seribu tanggul “, kenapa gak sekalian aja kontraktornya bikin jalan bergelombang?( lagian goblok dah tu polisi, ngapain tidur dijalan ? udah panas2an, hujan2an, diinjak2 , disumpahin, gak digaji lagi…goblok…goblok…)

  1. Utilitarian
Nah, ini dia yang butuh analisa lebih dalam dan butuh kestabilan emosi…
Aspek yang dilihat
+/-( skala 1-10 )
Importance (%)
Keamanan
+9
80%
Pengurangan kecelakaan
+7
75%
Ketenangan
+8
70%
Kemacetan
-6
75%
Kenyamanan pengendara
-8
80%
Kelancaran pengendara
-8
85%
dIhitung….
=∑(<+ > x persentase)-∑(<- > x persentase)
=( 9x80 + 7x75 + 8x70 ) – ( 6x75 + 8x80 + 8x85)
=(720+525+560) – (450 + 640 + 680 )
=(1805) – (1365)
=440 do it!!!

  1. Right analysis
Sebenarnya masalah-masalah dijalan seperti kecelakaan dan kemacetan itu tidak sepenuhnya disebabkan oleh adanya polisi tidur. Lebih kepada kesadaran pengguna jalannya sendiri, untuk mematuhi peraturan berkendara. Tapi karena wilayah yang akan dibangun adalah mesjid yang merupakan tempat public, sebaiknya dibangun, agar menjaga ketenangan beribadah. Tapi apapun system yang dibuat, tidak akan mengurangi masalah jika peraturan yang ada tidak dipatuhi.Karenannya, jadilah pengguna jalan yang baik…


NB: Laper banget , puasa ke 5 , semangat!!!

Tidak ada komentar: