Jumat, 16 Desember 2011

tie-dyeing



 
 
Maaf sedikit narsis, cuma mau memamerkan tugas akhir kelas celup ikat saya.=))

Bahan dasarnya kaos (tapi lupa nanya penjualnya ini jenis kaos apa).
Pewarnanya dylon warna gold yellow dan pewarna iretsu warna merah marun.Warna akhirnya tidak sesuai yang diharapkan . Kedua warna yang saya gunakan sebenarnya adalah warna terang, tapi setelah dicelup dan dikeringkan, warna kainnya malah jadi dove. Kemungkinan sih karena pengaruh jenis kainnya.

Buat cetakan motif saya menggunakan ranting pohon, tapi sayang sekali motif tiedyenya kurang muncul, yang ini murni kesalahan saya.hehe.Saya menggulung si kain dalam satu gulungan , jadi terlalu tebal. Jadinya efek ikatan ga sampai kelapisan paling bawah, dan akibatnya motif ranting ga kecetak.heu.Motif yang tercetak cuma efek ikatan karet, itu juga cuma kelapisan luar.Corak yang muncul cuma corak serapan warna saja.
 
Yah tapi tidak mengecewakan juga kok. Hasil akhir setelah dijahit cukup memuaskan.hee.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba, bole tau di mana beli pewarna iretsu nya? Butuh banget bwt bikin tie dye, pgn rok nya kaya pny pny mba hehehehee... Trims.. Saya jauh di kutoarjo, mau beli onlen.