Minggu, 01 Mei 2011

Situ ciburuy (for the second time)

Dikepala saya terngiang-ngiang penggalan sebuah lirik lagu waktu sedang latihan dayung di Situ Ciburuy,tapi saya lupa lagunya judulnya apa, nadanya pun bahkan tak ingat.tapi karena terus terngiang-ngiang bahkan sampai latihan dayungnya beres, saya  akhirnya iseng menggogling dan menemukan lagu itu, Bubuy bulan!

ini dia penggalan liriknya :


Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali herang caina
Duh itu saha nu ngalangkung unggal enjing
nyeredet hate ningali sorot socana

hokokay, saya tidak akan bercerita tentang lagu bubuy bulan, tapi tentang situ ciburuynya.

Ini yang kedua kalinya saya ke situ ciburuy, pertama kali waktu saya masih anggota muda, tahun pertama saya kuliah. Kesini waktu itu untuk latihan penyebarangan basah dan latihan dayung. Dan yang kedua kali ini, sabtu tanggal 30 April kemarin untuk  latihan dayung buat kejuaraan citarum open mei nanti.

Situ itu bahasa sundanya untuk danau.Jadi situ ciburuy artinya danau ciburuy.Situ ciburuy tempatnya di daerah padalarang, sekitar  15 menit dari tol padalarang ,kearah puncak.Dan tempat ini sudah dikelola menjadi tempat wisata.Tapi tidak tahu harga tiketnya  berapa,karena 2 kali saya kesini, tidak pernah lewat pintu masuk, hihi.kebiasaan mahasiswa

Kalau mau ke tebing citatah dari bandung, pasti melewati situ ini.Dari situ ciburuy tebing 125 sudah keliatan jelas. Jadi  sebenarnya, dulu saya sering sekali melewati danau ini, tiap kali mau latihan manjat di tebing citatah. Sayangnya tempat ini ga  begitu terkelola dengan baik, terlihat tak terurus jadi tidak begitu menarik untuk disinggahi.

Tapi walaupun begitu, walaupun airnya rada kotor (kehijauan), banyak sampah dipinggir-pinggirnya, dan danaunya tidak begitu  luas, situ ini danau paling dekat yang dapat dicapai dari kota bandung (sekitar 1 jam kalau macet).Jadi ya, kalau ingin latihan  dayung di air tenang, kami tetap saja akhirnya latihan di danau ini lagi.

Sebenarnya kalau diurus, dan sampahnya dibersihin, danau ini cukup bagus pemandangannya. Ditengah-tengah danau ada pulau  super kecil yang oleh anak-anak orad dinamai pulau "galau". Biasanya setelah capek mendayung, anak-anak istirahat dipulau  ini.Pura-pura terdampar , jauh dari daratan, dan capek, dan kelaparan, situasinya pas sekali buat curhat-curhatan dan kubis-kubisan menumpahkan atau mengorek kegalauan teman-teman se perahu. Dan itulah asal-usul nama pulau "galau" ini berasal.

Moment yang paling bagus disitu ciburuy ini, menurut saya sore menjelang matahari terbenam.Kalau difoto, wah, jingga kekuningan, romantis  pisan.(Dan memang tempat wisata ini sepertinya jadi tempat pacaran favorit remaja padalarang dan sekitarnya). sayangnya  kemarin kami tidak sampai sore disitu ciburuy,tapi saya masih punya beberapa file foto waktu pertama kali saya kesini.

 

 
hayo ini siapa?hihi*sumpah ini adegan rekayasa semata
 
so cool

Nah, kalau mau pemandangan yang lebih fantastis, coba ke citatah 125 (sekitar 5 menit dari situ ciburuy).Lalu naik kepuncaknya  waktu sore sebelum matahari terbenam. Kalau ga berani lewat depan, bisa lewat belakang.hehe.ada jalan setapak menuju puncak  citatah 125 . Tapi walaupun ga vertical2 banget cukup ekstrim sih jalannya. Jadi mesti hati-hati.apalagi kalau hujan , lumpur semua.jangan coba pake sendal, dijamin jatuh karena licin.sekitar 20 menit kepuncak.pemandangan diatas sini, beuh.keren

Walaupun ada yang mengganggu juga, pabrik2 kapur disekitar citatah lengkap dan cerobong asap lengkap dengan asap hitam yang mengepul2 dari lobangnya dan suara berisik dari pabrik.

Dan tetap saja, pemandangan menghibur. Kearah situ ciburuy  yang airnya mengkilap kekuningan karena cahaya matahari, dan pemandangan sekitar citatah.

Sayangnya saya tidak punya file yang begitu bagus dari atas sini, ini foto yang rada mendingan yang saya temukan dilatop saya, waktu saya artificial di citatah 125 bareng teman saya bambang

 
bisakah anda melihat situ ciburuynya dikejauhan ?hehe

 
puncak citatah 125

Nah itu hasil dari dua kali saya ke situ ini, kalau lain kali saya menemukan sisi lain menarik situ ini, saya akan menuliskannya lagi.

See-ya!

2 komentar:

May Hendrawati mengatakan...

selamat berlatih untuk citarum open ya..aku bangga padamu :)

maria ulfa mengatakan...

ah.doakan ya mbakkkk.:).perdana nih,hehe